logoblog

Cari

Tutup Iklan

Metode Bermain Peran dalam Pelajaran Sejarah

Metode Bermain Peran dalam Pelajaran Sejarah

Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Sejarah KM. Masbagik – berbagai hal dilakukan untuk meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Terlebih lagi untuk

Inovasi Guru

KM Masbagik
Oleh KM Masbagik
27 Oktober, 2017 15:05:49
Inovasi Guru
Komentar: 0
Dibaca: 3630 Kali

KM. Masbagik – Berbagai hal dilakukan untuk meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Terlebih lagi untuk mata pelajaran yang paling tidak disukai oleh para pendidik seperti Matematika, Fisika dan Sejarah. Biasanya mereka merasa kurang minat belajar dikarenakan metode dan media pembelajaran yang teralalu monoton.

Penulis yang kebetulan sekali mengampu mata pelajaran Sejarah mencoba mencari berbagai sumber agar siswa semakin bersemangat dalam belajarnya. Karena kebanyakan siswa merasa bosan dengan metode ceramah dan menghafal berbagai peristiwa saja. Untuk mengantisipasi kejenuhan tersebut penulis menggunakan metode bermain peran. Tentu sebelum dilakukan metode ini harus benar-benar disesuaikan dengan tema pelajaran yang akan dijalankan.

Kebetulan sekali mata pelajaran SMK kelas XI untuk kali ini berbicara tentang Organisasi Gerakan Nasionalisme yang terdiri dari 14 sub judul mulai dari Organisai Boedi Oetomo hingga Organisasi Parindra. Penulis membagi siswa menjadi 14 kelompok dan memilih salah satu dari 14 kelompok tersebut masing-masing ketuanya.

Setelah itu, kelompok tersebut akan mendemonstrasikan perlengkapan pakaian yang digunakan masing-masing tokoh sambil menjelaskan tentang kegiatan organisasi masing-masing.

Untuk kegiatan pertama ini terdapat beberapa kelompok yang mencoba menampilkan penjelasannya yaitu Organisasi Boedi Oetomo, Organisasi Indische Partij, Organisai Sarekat Islam, Organisasi Muhammadiyah dan Organisasi Nahdlatul Ulama’. Masing-masing memerankan sesuai dengan organisasinya mulai dari pakaian, bentuk aksesoris di wajah dan kepala. Setelah mereka maju kemudian melakukan presentasi mengenai tokoh utama dalam organiasasi yang ia bawakan.

 

Baca Juga :


Setelah itu, temannya yang lain akan bertanya mengenai apa yang tidak dipahami dari pemaparan yang telah disampaikan.

Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan suasana baru khususnya dalam pembelajaran sejarah yang terkenal karena mencatat dan menghafal saja. Penulis sangat berharap ini bisa menjadi tambahan ilmu untuk yang lain untuk kita sama-sama mencari berbagai hal kreatif dan inovatif untuk menimbulkan rasa semangat siswa dalam belajar. Salam toes dari kampung. Kami cinta TAI.

By_Andre D’Jails



 
KM Masbagik

KM Masbagik

Nama: Andre Kurniawan, S. Pd. TTL: Kesik, 01 April 1990. Alamat: Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Pekerjaan: Swasta. No. HP: 082340354845. Email: Andrejail17@yahoo.com.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan